Thursday, October 2, 2014

Atasi Rasa Bosan Saat bekerja di Office Space

Merasa bosan saat bekerja di office space, apalagi ketika pekerjaan sedang menumpuk bisa saja terjadi. Jangan terburu-buru memutuskan resign kemudian mencari pekerjaan baru. Barangkali saja Anda hanya sedang mengalami problema kerja biasa atau terbentur rutinitas dan tekanan yang dialami.


Untuk menghindari hal tersebut di atas, maka ada baiknya mencari cara efektif untuk mengatasi rasa bosan saat bekerja di office space, seperti beberapa cara berikut ini:
  1. Cari udara segar
Keluarlah dari ruangan, cari udara segar sebentar. Sebagian besar kantor biasanya hanya mengijinkan pegawainya keluar ketika istirahat, jadi jika hal ini berlaku pada kantor Anda maka gunakanlah kesempatan tersebut sebaik-baiknya.
  1. Mendengarkan musik
Mendengarkan musik kesukaan ketika bekerja di office space dapat mengurangi kebosanan. Putarlah lagu-lagu dengan irama riang yang bisa membuat anda kembali bersemangat, jangan malu untuk menyenandungkan lagu tersebut.
  1. Buatlah snack, kopi atau teh
Makan cemilan, minum kopi atau teh adalah salah satu kegiatan favorit di beberapa tempat kerja. Hal ini juga dapat membantu mengatasi rasa bosan saat bekerja di office space, karena selain meningkatkan mood juga akan memotivasi Anda beraktifitas kembali.
  1. Buat meja kerja atau ruang office space lebih produktif
Lingkungan kerja adalah salah satu yang dapat mempengaruhi mood kerja. Jika Anda mempunyai office space yang tidak terlalu luas dengan meja kerja selalu terlihat berantakan tentu akan membosankan. Anda dapat memberikan dekorasi pada office space seperti lampu, tanaman hias atau sejenisnya, sedangkan untuk meja kerja di letakkan figura atau vas bunga kecil yang dapat memberikan rasa nyaman, seperti pada artikel: Ide Kreatif Dekorasi Meja Kerja di Ruang Sewa Kantor.
Hal lain yang dapat dilakukan adalah menjadi penggila kebersihan, bersihkanlah meja ruang kerja. Jika meja kerja Anda sudah bersih, bersihkan pula file-file di komputer.
  1. Lawan rasa lelah dan kembali bekerja
Mungkin datangnya rasa bosan bukan karena kerja Anda, tetapi rasa lelah juga kurangnya energi untuk bekerja. Ada beberapa cara melawan rasa lelah tersebut, seperti menggunakan air dingin atau berolahraga kecil untuk memacu darah serta meningkatkan energi.
  1. Ambil cuti
Ambil cuti liburan di tempat yang diimpikan. Lakukan aktivitas menantang dan memacu adrenalin atau justru cari suasana liburan tenang dan damai. Yang jelas kedua cara berlibur ini bisa merecharge energi Anda.
  1. Dapatkan tanggung jawab baru
Jika Anda selalu dengan cepat menyelesaikan pekerjaan kemudian membantu rekan kerja, Anda dapat berbicara dengan atasan untuk meminta perubahan atau penambahan beban kerja. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan poin tinggi di mata atasan, aktifitas kerjapun akan jadi lebih menarik.
  1. Ngobrol dengan rekan kerja
Jika orang di dekat Anda terlihat sama bosannya, ajaklah berbicara. Tentunya hal ini harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak mengganggu suasana kerja di office space. Selain untuk mengisi kebosanan, hal ini juga dapat membangun kerja sama dengan lingkungan di office space.
  1. Berhenti mengeluh
Karena hanya akan membuang waktu Anda sia-sia, coba ambil proyek yang menyita pemikiran, jadikan ini semacam tantangan. Ketika proyek sukses bisa jadi ketika itu pula Anda sukses melupakan kebosanan. 
  1. Menjelajahi ruang sosial media
Menjelajahi ruang sosial media seperti facebook, twitter ataupun email untuk refreshing atau menyegarkan mata sesaat bukanlah hal salah. Membuka sosial media terlalu lama memang tidak baik dan biasanya tidak diperbolehkan oleh perusahaan. Apabila perusahaan memblokir web sosial media, maka Anda bisa membuka situs olahraga atau infotaiment untuk menyegarkan otak.

Jika cara-cara diatas masih belum ampuh maka buatlah tujuan jangka pendek maupun jangka panjang. Dengan sebuah tujuan yang jelas, tentunya akan memberi semangat dan menantang Anda saat bekerja di office space. Mulailah bekerja dengan suasana positif sehingga tidak mudah bosan dengan suatu pekerjaan.

No comments:

Post a Comment