Wednesday, October 8, 2014

Tanaman Dalam Ruang Kantor dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

Ruang sewa kantor yang dihiasi dengan tanaman bisa meningkatkan kesehatan secara umum bagi pekerjanya. Selain itu adanya tumbuhan di dalam ruang sewa kantor dapat mempercantik sudut ruang sewa kantor, juga meningkatkan nilai tambah bangunan kantor tersebut.
Meletakkan pot tanaman dilingkungan sewa kantor dapat memberikan efek yang sama dengan berlibur di pegunungan. Tumbuhan hijau di dalam sewa kantor membuat ruangan menjadi lebih segar, nyaman, dan memberi kesan semarak, indah, serta enak dipandang mata.
  1. Menambah Produktivitas Kerja  
Berdasarkan sebuah riset, seseorang bekerja di dalam ruang sewa kantor yang memiliki tumbuhan hijau akan bekerja lebih efektif. Ini karena tanaman tersebut seolah-olah memberikan efek bahagia kepada orang yang berada di sekitarnya.
  1. Menyerap Polutan / Zat Berbahaya
Umumnya setiap udara yang kita hirup mengandung polutan dengan kadar sangat rendah berbentuk gas, debu, atau uap air. Polutan bisa masuk ke ruangan yang kita tempati, sehingga bisa mengganggu pernapasan terutama pengidap penyakit asma dan bronkitis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran tumbuhan dalam ruangan dapat mengurangi gangguan udara kotor minimal 20% dari seluruh gangguan kesehatan. Selain itu mampu menyerap zat polutan sehingga udara menjadi bersih dan baik untuk pernafasan.
  1. Mengurangi Stres
Tanaman dapat membantu diri merasa tenang dan optimistik. Selain itu, kemampuan alami penghilang stress yang dimiliki juga mampu menurunkan tekanan darah.
  1. Menghilangkan Sakit Kepala
Kemampuan tanaman menghasilkan oksigen dan menurunkan kadar karbondioksida membantu mendapatkan udara segar serta dapat menghilangkan bau apek atau menjadi penyebab sakit kepala.
  1. Mengurangi Alergi
Mengekspos sejak dini tanaman yang sering diduga sebagai penyebab alergi ternyata mampu membangun kekebalan tubuh.
  1. Melancarkan Penyumbatan
Beberapa tumbuhan seperti eukaliptus dapat membersihkan dahak dan penyumbatan di sekitar hidung karena membuka bagian-bagian bronkiolus lalu membersihkannya dari lendir di saat flu atau bronkitis menyerang. Bekerja sebagai antiseptik alami, tumbuhan ini sebaiknya tidak dimakan melainkan cukup dihirup saja.
  1. Mengatasi Masalah Kulit Kering  
Tanaman adalah pelembab udara alami yang dapat melembutkan udara dan meningkatkan kelembaban di dalam ruang sewa kantor. Salah satunya adalah tumbuhan jenis English Ivy yang berguna meningkatkan kelembaban udara di daerah beriklim kering.
  1. Memperindah Ruangan
Menghias ruangan dengan tumbuhan dalam pot membuat ruang sewa kantor menjadi terlihat lebih cantik dan membangkitkan semangat pekerja di ruangan tersebut.
Dengan adanya tanaman dalam ruang sewa kantor, secara tidak langsung dapat memberikan pengaruh sangat baik bagi kesehatan, sebagai dekorasi cantik di ruangan dan membuat hati tenang serta rasa bahagia bagi seluruh pekerjanya.

No comments:

Post a Comment